Kamis, 28 April 2011

Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri merupakan pantai yang terletak di Sungailiat, sekitar 40 km dari Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang. Parai Tenggiri merupakan pantai paling populer dan eksklusif di Provinsi Bangka Belitung. Hal ini dikarenakan pantai ini tidak lagi dikelola oleh pemerintah, melainkan ditangani secara profesional oleh pihak swasta. Saat ini, kawasan Pantai Parai Tenggiri ditetapkan sebagai kawasan wisata hijau dengan sebutan Parai Green Resort. Karena, pengelola tempat wisata ini memiliki kepedulian yang besar terhadap usaha penyelamatan lingkungan, dengan cara selalu berusaha mengurangi penggunaan bahan-bahan yang dapat mencemari pantai, seperti plastik, dan menanam banyak pohon di lokasi wisata ini.



Daya tarik lain dari pantai ini adalah adanya batu-batu karang yang besar, dengan beragam bentuk yang unik, yang tidak dapat dijumpai di daerah lain. Bebatuan karang inilah yang membuat pemandangan di pantai ini menjadi lebih istimewa, dan kerap kali mengundang decak kagum para pengunjung. Dari atas batu-batu karang ini, pengunjung dapat duduk santai untuk menikmati keindahan Laut Cina Selatan yang teduh dan berombak kecil. Pada malam hari, pengunjung dapat dengan leluasa menikmati suasana malam di pinggir pantai, yang diwarnai cahaya dari kapal-kapal yang tengah berlayar, sambil menikmati penganan seperti ubi goreng keju, pisang goreng keju, kolak labu merah, ataupun minuman hangat, yang bisa dibeli di restoran terdekat.

Selain menikmati keindahan alam suasananya, pengunjung juga dapat melakukanrekreasi bahari yang menarik lainnya. Bagi wisatawan yang hobi memancing di pantai tersedia penyewaan perahu pancing lengkap dengan semua peralatannya. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati permainan seperti banana boating atau parasalling, atau juga diving untuk  menikmati kekayaan terumbukarang di kawasan pantai yang berhadapan langsung dengan laut china selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar